twitter
rss

Sore itu setelah siangnya saya mendapat mandad dari bapak Muh. Qowim, M.Ag.  selaku dosen pengampu mata kuliah Pengantar Ilmu Management untuk magang di salah satu UKM yang ada di kampus UIN Sunan Kalijaga ini, pilihan saya langsung tertuju pada UKM  Al-Mizan. Sesuai dengan minat saya, saya sangat menyukai kesenian, khususnya sholawat. Jadilah sore itu saya menuju Student Center untuk menghubungi pihak terkait agar saya diizinkan untuk magang di UKM tersebut.
Hari pertama saya berkunjung ke Student Center khususnya ke kantor Al-Mizan, saya tidak bertemu dengan ketua ataupun dengan pengurus yang lain, melainkan saya hanya bertemu dengan salah satu anggota Al-Mizan. Dari situ saya mendapat saran agar saya langsung menghubungi ketua dari UKM Al-Mizan tersebut. Dengan sedikit perbincangan, dari situ saya sedikit mengetahui tentang Al-Mizan itu sendiri. Al- Mizan terdiri dari beberapa difisi, bukan hanya difisi Sholawat tapi juga ada difisi Tafsir, Tilawah, Kaligrafi dan beberapa difisi lainnya.
Setelah mendapatkan Contact Person dari ketua Al-Mizan, yaitu mbak Nuril Laily maka saya langsung menghubunginya. Akhirnya kami membuat janji untuk bertemu. Hari berikutnya saya menunggu beliau selama beberapa jam di kantor Al-Mizan di Student Center, karena tiba-tiba beliau ada beberapa urusan mendadak yang tidak bisa ditinggalkan. Saya berpikir, yah inilah awal dari perjuangan saya. Ikhlas dan sabar itu sangatlah diperlukan. Karena kesabaran pasti akan membuahkan hasil yang manis.
Akhirnya Mbak Nuril pun tiba dengan meminta maaf atas keterlambatannya, dan saya pun memakluminya. Disitu saya mengutarakan maksud, niat, dan tujuan saya. Mbak Nuril pun telah mengerti dan akan membicarakan hal ini malam harinya pada acara rapat kepengurusan Al-Mizan. Meskipun secara tersirat saya telah diizinkan untuk magang di UKM tersebut.  Malam itu malam Jum’at saya datang ke Student Center untuk mengikuti acara Al- Mizan tersebut. Karena disetiap malam Jum’at itu lah Al-Mizan mempunyai kegiatan rutin yaitu Berzanzi di Student Center. Maka saya pun untuk pertama kalinya dilibatkan dalam kegiatan tersebut.
Senang bisa bergabung bersama mereka yang tergabung dalam Al-Mizan, selain bisa sering-sering menikmati sholawat-sholawat yang dibawakan dengan begitu indah dan menawan, saya pun diizinkan untuk ikut bergabung dalam sholawat tersebut. Meski hanya jadi pembantu umum, namun saya menikmatinya. Itulah pengalaman awal saya bergabung dan magang dalam UKM Al- Mizan. Semoga selanjutnya saya lebih bisa mengorek apa yang sedang saya cari disini. Yaitu pengelolaan dan management dalam UKM Al-Mizan itu sendiri, mengingat Al-Mizan adalah salah satu organisasi internal yang cukup banyak diminati oleh mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga ini.

0 komentar: